Sabtu, 08 November 2008

DIALOG VATICAN

Meskipun gaungnya tidak terlalu nyaring, akan tetapi beberapa hari yang lalu dilakukan dialog antara Katholik dan Islam di Vatican. Sebuah dialog yang bertujuan positif yang diikuti oleh 58 delegasi, 29 dari Katholik dan 29 dari Islam. Hal ini sangat positif sekali karena komunikasi antara dua pemeluk agama besar ini sangat jarang dilakukan. Hasil dialog itu juga mengusulkan adanya pertemuan serupa setiap dua tahun sekali.

Pro dan kontra juga muncul dengan adanya dialog tersebut. Kaum ekstrem biasanya tidak suka, karena mereka biasanya memang lebih suka bertindak secara represif. Akan tetapi dukungan terhadap dialog itu lebih dominan yang datang dari kalangan moderat yang mengedepankan dialog dalam menyelesaikan masalah. Jadi bolehlah kita menyimpulkan bahwa sebenarnya garis keras itu tidak banyak dan tidak mewakili mayoritas kelompoknya.

Banyak media yang menuliskan dialog itu sebagai dialog Kristen-Islam. Sebenarnya dialog di Vatican tersebut dilakukan oleh Katholik dan Islam. Masih sering terjadi anggapan bahwa Kristen dan Katholik itu sama, meskipun sebenarnya mereka adalah dua agama yang berbeda, dan kadang-kadang juga berserteru (sayang sekali). Perseteruan antara Kristen dan Katholik memang memuncak pada abad pertengahan dan sekarang sudah mereda. Perseteruan terakhir adalah antara Tentara Irlandia Utara yang berbasis Katholik dengan pemerintah Inggris yang berbasis Kristen Anglikan. Tetapi, sudahlah, yang penting sekarang harus berdamai karena mereka toh juga berasal dari Nabi yang sama.

Pada masa mendatang diharpakan dialog tersebut terus berlangsung dengan output yang positif. Diharapkan juga akan diikuti oleh kelompok agama yang lain, misalnya Kristen, Hindu, Budha atau Agama Yahudi. Juga baik kalau diikuti oleh Zoroaster dan juga Agnotis dan kalangan Atheis. Perbedaan itu indah kok! Yakinlah! Sang Khalik lah yang membuat perbedaan itu. Bagi orang atau kelompok yang menginginkan agama lain hancur berarti menolak Sang Khalik. Jika pencipta menghendaki agama itu hanya satu, maka detik ini juga semua orang akan memeluk agama yang satu. Percaya gak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan sampaikan komentar Anda Secara Indah